Suzuki Skywave 125

My Skywave

My Skywave

Akhirnya moment yang ditunggu-tunggu dateng juga. Yaitu buat test drive motor baru gue, Suzuki Skywave 125. motor matic baru keluaran Suzuki… Apalagi semalem gue test drivenya bareng sama sang kekasih… makin afdol aja deh… cuma sayang kemaren agak ujan gerimis, kondisi jalan juga lumayan licin, jadi masih kurang puas… yah, sabar aja deh sambil nunggu plat nomer turun…

Tampilan bodi, memuaskan.. Jok pengemudinya agak kelebaran sih kalo buat gue.. tapi tetep asik kok.. dan agak keras, mungkin karena masih perawan… ntar kalo udah sering dipake juga jadi empuk sih.. Warna merahnya asik banget.. Kebetulan gue sama cewe gue sukanya warna merah sih… Tapi gue liat, yang warna putih juga keren, selaen NR yang item semua sih… Velg udah CW, jadi tampilan makin keren lagi… Bagasi gede banget, bisa muat helm cewe gue… Cewe gue bilang juga nyaman banget dibonceng naek Skywave… Kalo dibandingin sama dibonceng pake Spin katanya… Gue sendiri yang bawa nyaman banget, walau ngerasa kurang tinggi. Maklum biasa bawa Thunder 125 (warna merah juga :P)…

Secara keseluruhan gue puas banget sama motor ini… Tarikannya enak, bahkan sampe gue geber ke 70 km/jam, responsif banget. Suspensi empuk banget, kebetulan medan yang gue lalui banyak polisi tidur dan jalannya agak bergelombang. Untuk gasnya, mungkin diputernya agak dalem baru dia mau jalan… Tapi buat gue ngga masalah sih, soalnya feelingnya langsung dapet… Yang belom gue dapet itu feeling ngerem, gue ngerasa agak kurang pakem… Tapi mungkin itu lebih ke faktor gue biasa bawa motor kopling kali yah… Jadi harus ngubah paradigma dikit.. hehehe… :P  Untuk bensinnya, gue belom bisa kasih info, maklum baru dibawa beberapa km aja… Tapi yang pasti, semalem gue isi pertamax, tarikannya enak banget… Ntar deh kalo udah gue pake harian, gue baru bisa kasi tau pastinya berapa kilometer untuk konsumsi 1 liter bensin… Pelek yang cukup besar, 16″ juga bikin gue ngga was was kalo ketemu polisi tidur yang lumayan tinggi… yah tau sendiri di Indonesia, terutama Jakarta, ini polisi tidur banyak banget… hehehe..

Buat yang nyari motor matic, gue recommend banget Skywave ini… Terutama buat yang badannya gede, jadi ngga cocok buat bawa Mio, Spin, ato Beat… Yah soalnya salah satu faktor yang bikin gue pilih motor ini karena badan gue tinggi, jadi repot kalo naek matic mini kayak tadi… Harganya juga murah kok, lebih murah dari Vario… Yah, buat gue sih ini motor matic yang paling oke (setelah gue coba 3 tipe motor matic)… Nih info lengkap yang gue kutip dari web site resmi Suzuki Indonesia…

DIMENSI
Panjang Keseluruhan : 1.935 mm
Lebar Keseluruhan : 670 mm
Tinggi Keseluruhan : 1.070 mm
Jarak Antara As Roda : 1.285 mm
Jarak Mesin ke Tanah : 140 mm
Berat Kendaraan : 113 kg
MESIN
Jenis : 4-Langkah, SOHC
Sistem Pendingin : Pendinginan udara
Jumlah Silinder : 1 ( tunggal )
Diameter : 53.5 mm
Langkah Piston : 55.2 mm
Kapasitas Silinder : 124 cc
Rasio Kompresi : 9.6 : 1
Daya Maksimum : 9.6 Hp/8000 rpm
Torsi Maksimum : 1.0 Kg-m/6000 rpm
Karburator : MIKUNI BS 26
Saringan Udara : Elemen Kertas
Sistem Starter : Listik & Engkol
TRANSMISI
Kopling : Kering Otomatis, Tipe Setrifugal
Sistem Penggerak : CVT dengan V-belt
RANGKA
Tipe : Underbone
Suspensi Depan : Teleskopik, Pegas Ulir, Peredam Oli
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Tabung Ganda, Pegas Ulir, Peredam Oli
Rem Depan : Cakram Hidrolis
Rem Belakang : Tromol
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 16 M/C 36 P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 16 M/C 43 P
SISTEM LISTRIK
Sistem Pengapian : DC CDI (Digital) / Spark Ignition
Tipe Busi : NGK CR6HSA / ND U20FSR-U
Accu : 12V (3.5 Ah) / 10HR
Kapasitas :
Bagasi Bawah Jok : 17.7 liter
Tangki Bensin : 4.7 liter
Tangki Oli Mesin : 1000 ml

About these ads

8 Responses to “Suzuki Skywave 125”

  1. yaah.. asiikk, pake matic yah.. heuheuhue
    akhirnya.

  2. Yoi.. akhirnya… warna merah pula.. huehehe… lumayan lah.. bagi2 info modif yaa… btw, thunder gue dijual nih… kalo ada yang mau.. :P

  3. gue juga pake skywave 2 bln ini,gue milih yang titan balck. gue cukup puas ama tampangnya yang serem (blacky) mesti ada yang kurang sreg aja ama suara mesin yang agak kasar. Soalnya gue pernah pake Nouzy yang relatif lebih halus dari skywave…tapi skywave memang mantappp….

  4. Yoi… sama sekali ngga nyesel beli skywave. emang agak kasar sih, tapi katanya bisa diakalin… banyak tips tipsnya dari rekan2 di SOC. gabung aja mas…

  5. Kasih masukan modif ama karakter skywave ya, btw alamat e-mail apa mas? thnx b 4…

  6. email mana nih? kalo email gue sih whorip2@yahoo.com. kalo mau ikutan milis skywavenya, kirim email ke SkywaveOwnerClub@yahoogroups.com aja mas… banyak info di situ… so far sih belom sempet modif, paling aksesoris buat bikin tambah cantik aja motornya sih. hehehe…

    sama-sama mas… :)

  7. Mas tolong dibalas, soalnya aku butuh differensiasi Vario vs Skywave.
    Waktu tes drive Skywave lebih nyaman tapi rem rada ngeblong…
    pas Vario nggak…
    Gimana mas? bener nggak?

  8. motor ini boros ga yah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: